Penangkap sinyal HSDPA sederhana

antena kaleng

Awal dari ide membuat Penangkap sinyal HSDPA sederhana ini gara gara saya harus pulang kampung di daerah pedalaman madiun, untuk nunggu istri yang hamil tua dan mau melahirkan anak pertama kami.Di kampung saya sana, terutama di rumah mertua saya, jangankan sinyal HSDPA, sinyal GSM untuk kirim SMS aja susahnya minta ampun. Tetapi berhubung pekerjaan saya membutuhkan koneksi internet cepat, dan berhubung saya tidak bisa meninggalkan istri saya yang sedang hamil tua, saya pun putar otak bagaimana caranya bisa dapat berinternetan cepat di tempat yang sinyal GSM aja susahnya minta ampun.

Bermodal dari pinjaman modem modem USB teman-teman, akhirnya saya menemukan yang paling bagus penangkap sinyalnya adalah modem USB dari Prolink dengan kartu Telkomsel Flash. Itupun sinyal yang didapat cuma sinyal EDGE 2 bar, sangat tidak cukup untuk mendukung pekerjaan saya. Lha wong buka halaman google aja 10 menit an.

Saya ingat dulu pernah baca-baca tentang cara membuat antena dari kaleng, antena bazooka, ataupun antena wajan, yang disebut wajanbolik. Cuma ada hitung-hitungan yang saya tidak tahu dan tidak ingat. Bermodal sok tau saya cari kaleng bekas cat di bengkel tempat kakak ipar saya. Kemudian saya buat lobang di pinggir kaleng yang kira-kira cukup untuk memasukkan USB modem ke tengah-tengah kaleng tersebut. Dengan perhitungan yang seadanya, saya coba colokkan USB modem ke USB extender sepanjang 3 meter, kemudian ke USB di laptop. Dan testing, Voilaa…… sinyal yang semula cuma EDGE tanpa bisa berinternetan sekarang jadi HSDPA full speed 😀 . Kecepatan paling kenceng yang pernah tertangkap dari modemnya adalah 370Kbps. Paket yang saya gunakan adalah Flazz unlimited 50 ribu per bulan (max speed 384Kbps).

HSDPA hasil sinyal antena kaleng

Berikut adalah alat alat utama untuk membuat Penangkap sinyal HSDPA sederhana :

antena kaleng

1. Modem USB Prolink PHS101 (350 ribu an ) + kartu perdana flazz (50rb isi pulsa 50rb)

2. Kabel USB Extender ( yang 3 meter saya beli 20 ribu)

3. Kaleng bekas cat

alat tambahan untuk membuat Penangkap sinyal HSDPA sederhana :

1. Gunting yang bisa untuk memotong kaleng, saya pake gerinda (karena sudah ada di bengkel)

2. Lap untuk mengelap bekas cat di dalam kaleng hehehe

Cara membuat Penangkap sinyal HSDPA sederhana :

1. Lubangi kaleng dengan gunting atau gerinda sehingga cukup untuk memasukkan USB modem

antena kaleng

antena kaleng

2.Pasang USB modem di dalam kaleng, sambungkan dengan USB Extender

antena kaleng

3. Colokkan USB extender ke dalam USB port di laptop.

Dan sekarang tinggal mencari sinyal HSDPA yang diinginkan, dengan cara merubah posisi antena kaleng anda. Biasanya arahkan ke BTS terdekat. Cari posisi yang bisa menangkap sinyal paling bagus. Dan begitu saja cara membuat Penangkap sinyal HSDPA sederhana. Selamat menikmati.

tags :membuat antena modem sederhana,cara membuat tower sinyal hp sederhana,cara mendapatkan sinyal HSDPA,Antena Kaleng,cara mendapatkan sinyal HSDPA 3,cara membuat antena modem,sinyal hsdpa,cara menangkap sinyal 3g di pedesaan,antena modem sederhana,antena kaleng modem usb

59 thoughts on “Penangkap sinyal HSDPA sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *